Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

58 Kiat Meningkatkan Produktivitas & Mutu Kelapa Sawit

58 Kiat Meningkatkan Produktivitas & Mutu Kelapa Sawit (Ir. H. Sukamto ITN, MSc)

Buku : 58 Kiat Meningkatkan Produktivitas & Mutu Kelapa Sawit (Ir. H. Sukamto ITN, MSc)

Advertisements

ISBN: 9789790023475
Pengarang : SUKAMTO ILHAM
Penerbit : Penebar Swadaya
Tahun Terbit : 2012
Berat : 0.20 kg
Harga : Rp. 28.000

Deskripsi : Indonesia kini menjadi produsen minyak sawit mentah (CPO) terbesar di dunia dengan produksi sekitar 18 juta ton. Namun, dari sisi tingkat produktivitas tanaman, Indonesia kalah jauh dari Malaysia. Produktivitas tandan buah segar (TBS) di Malaysia sudah mencapai 25 ton/hektare/tahun, sementara Indonesia hanya 15 ton/hektare/tahun.

Ternyata, tingkat produktivitas kelapa sawit terkait erat dengan perlakuan tanaman ini selama masa daur produksi. Nah, untuk mengetahui cara perlakuan tanaman sawit dengan benar, sudah banyak bacaan menyajikannya. Terbaru adalah buku 58 Kiat Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Kelapa Sawit karangan Ir H Sukanto ITN MSc.

Buku praktis terdiri 6 bab ini menjelaskan kaidah budidaya kelapa sawit yang benar. Mulai dari segi pembibitan, pembukaan lahan, penanaman, pemeliharaan, pemrosesan, hingga pengelolaan sistem kerja di dalam kebun.

Pada bagian awal buku, memaparkan tentang kelapa sawit sebagai tanaman multiguna, baik untuk pangan maupun nonpangan. Selain menghasilkan CPO dan minyak inti sawit (PKO), produk turunan sawit berupa biodiesel. Dari bungkil sawit dapat dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak dan tandan kosong sawit bisa diolah menjadi pupuk atau kertas. Selanjutnya, buku ini menerangkan cara-cara untuk meningkatkan produktivitas kelapa sawit. Intinya, produktivitas kelapa sawit perlu dijaga karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kesesuain lahan, kualitas benih, pemeliharaan, dan pengaturan peremajaan.

Proses pemanenan TBS penting sekali, sebab untuk menghasilkan mutu kelapa sawit unggul perlu memperhatikan tahapan panen. Dengan cara memanen TBS yang baik, akan dihasilkan panen yang maksimal.

Bagaimana menghasilkan minyak kelapa sawit yang bermutu, sebab mutu minyak bisa diukur. Untuk menghasilkan minyak sawit bermutu, perlu tahapan pengolahan yang lumayan panjang.

Bagi siapa saja yang ingin mengetahui secara singkat cara mengolah kebun kelapa sawit, buku ini kiranya sangat cocok. Kendati jumlah halaman terbatas (63 halaman), buku ini mampu memberi informasi secara cukup tentang pengusahaan tanaman kelapa sawit.

Klik di Sini Untuk Melihat Daftar Buku-buku tentang Kelapa Sawit lainnya

Advertisements