Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Tambang Merana, Industri Alat Berat Bidik Sektor Agri



Advertisements

Bisnis agri terutama kelapa sawit diharapkan menopang penjualan alat berat pada tahun ini. Kebutuhan alat berat di sektor ini dominan kelas kecil menengah.  Penjualan alat berat turun antara 20%-30% pada tahun ini.

“Bisnis tambang terutama batubara sedang mati, tidak ada penjualan alat berat kami untuk tambang di tahun ini,” keluh seorang sales alat berat.

Advertisements

Turunnya harga batubara dapat terlihat dar data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menetapkan  harga batubara acuan (HBA) per Juni 2015 sebesar US$ 59,59 per ton. Nilai ini turun sebesar 2,4% dibandingkan HBA Mei sebesar US$ 61,08 per ton. Bahkan lebih rendah lagi daripada harga acuan Juni 2014 silam sebesar US$ 73,64 per ton.

Merosotnya harga batubara berakibat buruk kepada bisnis batubara. Data Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI) menunjukkan sekitar 40 perusahaan batu bara tutup yang lokasinya tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Ketua APBI Bob Kamandanu mengakui penurunan  harga batu bara karena banyaknya suplai ke pasar. Itu sebabnya, volume produksi harus diturunkan supaya terjadi perubahan harga.

Lebih lanjut, kata Bob, faktor yang menekan harga batubara adalah perekonomian China.  Pasalnya, negeri Tirai  Bambu ini melakukan konsolidasi besar-besaran dalam waktu dua tahun mendatang.

Jamaludin, Ketua Himpunan Alat Berat Indonesia (HINABI), mengakui penjualan di sektor pertambangan pada tahun ini diperkirakan belum menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Ini disebabkan turunnya harga komoditas global terutama batubara.

Kebutuhan alat berat sampai tahun ini diperkirakan 6.000 unit seperti tahun lalu. Untuk menutupi rendahnya penjualan di sektor tambang, perusahaan alat mengalihkan perhatian kepada sektor agri, konstruksi dan infrastruktur. Sumbangan penjualan alat berat dari sektor konstruksi, perkebunan, dan kehutanan bisa mencapai 60%-70% dari total target penjualan di tahun ini.

Dia mengharapkan proyek pemerintah di sektor infrastruktur akan naik  pada semester kedua nanti. Berdasarkan proyeksi HINABI, produksi alat berat tahun ini  akan didominasi oleh eskavator dan bulldozer berbobot 10-30 ton.

Di sektor agri, jenis alat berat yang dibutuhkan tipe small class (10-20 ton) dan small buldoser bagi kegiatan pembukaan lahan (land clearing).”Kontribusi penjualan untuk agri antara 25 persen sampai 30 persen,” kata Jamaludin.

Dia mengakui memang berbeda nilai penjualan di sektor tambang dan agri sesuai dengan unit alat beratnya. Di tambang, unit alat berat yang dibutuhkan skala besar.

PT United Tractors Tbk (UNTR) mencatatkan penurunan penjualan alat berat cukup tajam di empat bulan pertama tahun ini. Anak usaha PT Astra Internasional Tbk (ASII) penjualan turun 38,7% sebanyak  966 unit alat berat Komatsu dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.577 unit.

 

(Lebih lengkap baca Majalah  SAWIT INDONESIA Edisi Juni-Juli 2015)

 

Kami Juga Menyediakan Produk – Produk Unggulan dibawah ini

Kacangan Jenis CM Berat 1 kg

kacang kacangan penutup tanah (legume cover crops) dengan berbagai jenis ini merupakan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengikat nitrogen sehingga kadar kelembapan tanah akan tetap terjaga. Fungsi dan kestabilan kelembapan ini biasanya dibutuhkan pada masa pertumbuhan pohon karet dan pohon sawit atau sejenisnya dalam

Selengkapnya

Raja Latex Pluss – Solusi Meningkatkan Hasil Sadap Karet, Mati Getah, Kulit Keras Pada Batang Karet

Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Selengkapnya

Jual Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Dari segi imbal hasil, secara umum bisnis kebun sawit memberikan return yang jauh lebih besar dibandingkan dengan property rumah, kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA. Kami Menyediakan Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Selengkapnya

NPK HUMAGROW HUMID ACID : 6-30-6 PLUS SPesial Khusus Pupuk Karet Dan Sawit, dan Tanaman Lainnya

Kelebihan Pupuk NPK Humagrow yaitu : Memperbaiki Unsur Unsur tanah dan tanaman keras, yang bisa menghasilkan 2 kali lipat dari hasil sebelumnya 1. Memperbaiki dan meningkatkan dan membentuk pertumbuhan Akar yang kuat 2. Tanah lebih Remah dan lebih lama menahan air, sehingga 99 % pemupukan bisa diserap oleh tanaman, dan

Selengkapnya

Pupuk Organik Buah dan Sayuran Alphamien , Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik Hasil Panen Meningkat,

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik
Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak, Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah

Selengkapnya

Previous

Advertisements
Category: Budidaya Sawit