Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Alasan Tanah Gambut Kurang Subur karena Unsur Haranya

Pengertian Tanah Gambut

Tanah gambut merupakan tanah hasil dari tanah organosol. Tanah ini merupakan jenis tanah yang terbentuk dari akumulasi sisa-sisa tumbuhan yang mengalami palapukan atau penimbunan dan pembusukan dengan waktu yang sangat lama sehingga bahan organik yang ada di dalamnya tinggi.

Tanah gambut ini mengalami penguraian oleh bakteri aerob dan dipengaruhi oleh keadaan geografisnya. Tanah gambut ini biasanya tumbuh di lahan-lahan berawa karena kadar keasamannya yang tinggi. Tapi, alasan tanah gambut kurang subur karena kurangnya unsur hara sehingga tidak cocok untuk pertanian.

Advertisements

Penyebab Ketidaksuburan Pada Tanah Gambut.

Ciri-ciri dari tanah gambut yaitu apabila tanah gambut berwarna hitam memiliki kandungan air dan bahan organik yang tinggi, Ph dan tingkat keasamannya tinggi, hanya terdapat sedikit unsur hara dan drainasenya jelek. Tanah gambut ini hanya di temukan di daerah rawa-rawa seperti daerah Kalimantan, Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, Sumatra Selatan dan Papua Bagian Selatan.

Selain itu tanah gambut kurang subur karena tidak lancarnya peredaran udara didalamnya sehingga proses penghancuran tanah tidak sempurna. Tanah gambut kurang subur untuk bercocok tanam yang merupakan hasil bentukan pelapukan tumbuhan rawa dan Jenis tanah ini terbatas untuk pertanian perkebunan seperti karet, kelapa dan palawija.

Tanah gambut terbagi menjadi dua. Yang pertama gambut Topogenous yaitu tanah gambut yang kaya akan nutrisi dan merupakan tanah yang diendapkan dari sisa tumbuhan yang hidup dengan mengambil nutrisi pada tanah mineral dan nutrisinya mengandung banyak air sehingga mempengaruhi kadar abunya.

Yang kedua gambut Ombrogenous yaitu merupakan pengendapan dari tumbuhan yang hidup dari air hujan sehingga kadar abunya asli, tidak tercampur oleh zat-zat lain. Biasanya ombrogeneus ini merupakan tanah gambut kurang subur dikarenakan nutrisinya akan terlepas dan hilang secara berangsur-angsur.

Karakteristik dari tanah gambut ini bisa dilihat dari warnanya biasanya berwarna cokelat tua sampai kehitam-hitaman meskipun pada awalnya berwarna abu-abu atau kemerah-merahan. Kemudian berat isi tanah organik lebih rendah dibandingkan berat isi tanah mineral. Untuk kapasitas penahan airnya, tanah gambut mempunyai kapasitas penyimpanan air lebih besar sekitar 2-4 kali dari berat bobot keringnya.

Tanah gambut memiliki luas adsorbsi yang besar, dengan adanya pH yang tinggi dalam kandungannya maka tanah gambut membutuhkan zat kapur dan juga membutuhkan dosis pupuk yang lebih tinggi. Tanah gambut juga mengadung beragam asam-asam organik yang sebagian bersifat racun bagi tanaman. Itulah alasan tanah gambut kurang subur karena hal-hal yang telah disebutkan.

Advertisements
Category: Uncategorized