Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Cara Berkebun Karet yang Baik dan Benar

Pohon karet atau hevea brassiliensis biasanya dibudidayakan dalam jumlah besar. Perkebunan milik pemerintah dan juga swasta banyak menggantungkan pemasukan mereka dari getah tumbuhan ini. Meski demikian pohon karet banyak juga diusahakan oleh para penduduk yang memiliki lahan yang cukup luas untuk turut serta merasakan laba bertanam karet. Bagi para pemula, berikut ini akan dijelaskan cara berkebun karet yang baik dan benar bagi pengusaha partai besar dan partai kecil.

Memilih Bibit

Untuk memulai berkebun karet, yang harus diperhatikan pertama kali adalah bibit. Ketika membeli bibit, petani harus dengan cermat memperhatikan kondisi bibit yang akan ditanam. Biasanya bibit karet didapat dari hasil okulasi, tak ada salahnya mencari informasi induk dari bibit tersebut apakah memenuhi syarat-syarat seperti:

Advertisements

–    Produksi tinggi

–    Resistan terhadap penyakit

–    Memiliki sifat pemulihan luka pada kulit dengan baik

Selanjutnya tinggal memilih bibit yang memenuhi syarat siap tanam seperti:

–    Bibit sudah memiliki dua payung

–    Memiliki akar yang bagus baik akar tunggang maupun lateralnya

–    Akar bebas dari penyakit jamur

–    Mata okulasi telah mulai bertunas

Biasanya penanaman bibit karet dilaksanakan pada musim penghujan dengan jarak tanam sekitar 7×3 meter pada tanah landai, dengan jarak tiap kolomnya kira-kira 5 meter. Jangan lupa untuk selalu menyediakan bibit cadangan sekitar 10% dari total yang ditanam yang akan digunakan sebagai sulam bibit atau mengganti bibit yang mati sekitar 2 minggu setelah penanaman.

Pemupukan

Pada saat penanaman hendaknya tanah penutup lubang menggunakan top soil bercampur pupuk  RP sebanyak 100 gram perlubang.  Berikan pula pupuk dasar yaitu urea sebanyak 50 gram dan P-36 sebanyak 100 gram pada saat bersamaan.

Setelah pupuk dasar diberikan, maka pemupukan selanjutnya dilakukan dua kali setahun dengan dosis seimbang yaitu urea dan KCL serta SP-36 yang telah diberikan 2 minggu sebelumnya. Jadwal pemupukan biasanya pada semester pertama dan kedua. Dan jangan lupa sebelum pemupukan ada baiknya areal tanaman digaru dan dibersihkan.

Masa Panen

Setelah melalui perawatan sedemikian rupa, pada usia 5 hingga 6 tahun pohon karet sudah dapat menghasilkan getah yang artinya siap untuk disadap atau dipanen. Menyadap getah karet dengan cara menyayat setengah keliling lingkar batang pohon pada bagian terendah dahulu kira-kira satu meter dari atas tanah. Agar hasil panen lebih optimal hendaknya menyadap karet dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 4 hingga 8 pagi.

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara berkebun karet yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang berkebun karet.

Advertisements
Category: Budidaya Karet