Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Penyadapan Batang Karet dan Proses Panennya

Tanaman karet merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat menghasilkan getah dalam jumlah banyak. Getah inilah yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan lateks yang banyak diperlukan dalam perindustrian, tak hanya di Indonesia, tetapi di dunia. Pengeratan batang karet dilakukan oleh tenaga profesional agar hasil yang didapatkan lebih baik.

Tanaman karet dapat tumbuh dengan subur di dataran rendah yang tidak tergenang air. Tanaman karet bukan termasuk tanaman yang “rewel” karena bisa ditanam dan dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah sekalipun kurang subur. Meskipun demikian, produksi getah yang dihasilkan akan berbeda dengan getah dari tanaman karet yang subur.

Meski dapat tumbuh dimana saja, bukan berarti tanaman karet terbebas dari hama yang mengganggu. Ada beberapa jenis hama seperti psuedococcus citri dan kutu lak. Hama-hama ini dapat diberantas dengan insektisida tertentu yang dimiliki oleh para petani karet.

Advertisements

Pengeratan batang karet atau yang disebut penyadapan dapat dilakukan pertama kali pada tanamman yang berumur 5-6 tahun. Oleh karena itu, tanaman ini bukanlah tanaman musiman yang siap panen dalam jangka waktu singkat.

Para petani harus ekstra sabar dalam menunggu agar dapat menghasilkan komoditi yang mahal ini di kemudian hari. Para petani bisanya akan melakukan bukaan sadapat mulai dari kiri atas ke kanan bawah. Bentuknya terlihat seperti spiral yang melingkar dari atas pohon hingga ke bawah. Irisannya memiliki lebar dan juga kedalaman yang sama sehingga getah dapat meluncur turun dengan sempurna. Pada bagian bawah disimpan wadah yang berguna untuk menampung dan menjadikan getah karet tidak berceceran serta terkumpul dalam satu tempat.

Getah karet yang turun tentu tidak secepat yang kita bayangkan. Kita harus sabar menunggu untuk mendapatkan getah karet yang banyak. Setelah semua pohon karet dipanen, saatnya bagi petani untuk menjual hasil getah karetnya pada pengepul yang menerima.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengeratan batang karet dan proses panennya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang berniat untuk memulai usaha perkebunan karet.

Advertisements
Category: Budidaya Karet