Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Cara Memangkas Pohon Karet Tak Sekadar Memangkas

Pemangkasan pohon karet merupakan salah satu bagian dari pemeliharaan pohon karet sehingga akan menghasilkan karet yang baik dalam waktu lama. Namun, ada cara memangkas pohon karet yang benar agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Sebaiknya, jangan memangkas pohon karet secara sembarangan, baik waktu memangkas maupun cara memangkasnya. Hal ini dikarenakan, hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diinginkan.

Pemangkasan Pohon Karet

Advertisements

Ada lima langkah pentingdalam pemeliharaan pohon karet. Salah satunya adalah bagaimana pemotongan pohon. Pemotongan pohon karet untuk pemeliharaan dilakukan selama 2 bulan pertama, dengan dilakukan perputaran 1 kali dalam rentang 2 minggu. Pemangkasan dilakukan untuk tunas palsu dan tunas liar. Hal ini terus dilakukan sampai pohon karet mencapai 1,8 meter.

Selain memangkas tunas palsu dan tunas liar, langkah penting lainnya untuk pemeliharaan pohon karet adalah dengan melakukan penyulaman. Penyulaman ini dilakukan selama tiga bulan pertama, dilakukan secara terus-menerus dengan mengamati pertumbuhan pohon karet tersebut.

Jika terdapat pohon karet yang mati, harus segera diganti agar jangan sampai mengganggu. Namun, pohon pengganti dalam penyulaman ini, harus memiliki karakter dan ketinggian yang sama. Langkah penyulaman untuk pemeliharaan pohon karet ini dilakukan sampai usia tanaman 2 tahun.

Langkah yang tak kalah pentingnya dalam upaya pemeliharaan pohon karet ini adalah dengan cara merangsang percabangan. Cabang utama bagi pohon karet sangat penting, untuk membantu pertumbuhan.

Untuk itu, apabila pohon karet tingginya telah 3,5 meter atau telah berusia antara 2-3 tahun, dan belum tumbuh percabangan, maka perlu dilakukan perangsangan. Perangsangan pohon karet bisa dilakukan dengan pengeringan batang, penanggalan ataupun dengan cara pembungkusan pucuk daun.

Pemupukan pohon karet bisa dilakukan sebanyak 2 kali setahun, terutama ketika akhir musim kemarau dan menjelang musim hujan. Cara pemupukan pohon karet dilakukan dengan cara membersihkan pohon dari rerumputan yang tumbuh di sekeliling pohon karet. Kemudian, buat lubang melingkar selebar 10 cm dari pohon. Pupuk ditabur pada lubang melingkar ini.

Salah satu manfaat tumpangsari di lahan penanaman pohon karet adalah untuk pemeliharaan pohon karet itu sendiri. Selain tentunya akan mendapat hasil sampingan dalam waktu dekat.

Tumpangsari dilakukan terutama di lahan tanaman karet yang masih berusia di bawah 2 tahun. Sama seperti tanaman pokok, tanaman tumpangsari juga harus dilakukan pemupukan.

Demikianlah cara memangkas pohon karet yang tepat. Semoga bermanfaat.

Advertisements
Category: Budidaya Karet