Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Potensi Investasi Kebun Karet

Potensi karet masa depan sangat besar. Kebutuhan karet di masa depan sangat banyak, baik sebagai kebutuhan di dalam negeri maupun kebutuhan untuk diekspor. Karet adalah salah satu komoditas perkebunan yang sangat penting sebagai sumber pendapatan, kesempatan lapangan kerja, sumber devisa, sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebagai sumber daya hayati.

Pengelolaan perkebunan karet saat ini dilakukan oleh perkebunan negara, perkebunan rakyat, dan perkebunan swasta. Pertumbuhan perkebunan karet yang dikelola oleh rakyat lebih produktif daripada pengelolaan oleh swasta dan negara. Tetapi, perkebunan rakyat membutuhkan investasi untuk peremajaan perkebunan karet.

Agribisnis karet pada masa mendatang akan memiliki prospek sangat cerah. Adanya kesadaran tentang pelestarian lingkungan dan sumber daya alam, penggunaan green tyres, peningkatan industri polimer pengguna karet, semakin langkanya persediaan minyak bumi, dan semakin mahalnya harga minyak bumi untuk bahan pembuatan karet sintetis menjadi pendukung peningkatan prospek agribisnis karet.

Advertisements

Jumlah kebutuhan karet di dunia lebih tinggi daripada tingkat produksinya, sehingga Indonesia akan mempunyai peluang menjadi produsen terbesar di dunia. Thailand dan Malaysia sebagai pesaing terbesar semakin kekurangan lahan untuk ditanami karet dan memperoleh tenaga kerja yang murah sulit didapatkan.

Tujuan pegembangan karet di masa depan, yaitu peremajaan perkebunan rakyat akan dipercepat dengan cara menggunakan klon yang unggul, pengembangan industri hilir untuk peningkatan nilai tambah di sentra produksi karet, peningkatan produksi karet, dan meningkatkan pendapatan petani perkebunan karet.

Upaya untuk mempercepat investasi, yaitu memberi kemudahan perijinan, membebaskan pajak selama perkebunan belum menghasilkan produksi, memberi kepastian hukum, memberi keamanan, menghapuskan pungutan yang memberatkan, mengembangkan sarana dan prasarana, penyediaan dana untuk melatih sumber daya manusia, serta memberikan sistem kemitraan antara petani dan perusahaan.

Potensi karet masa depan yang sangat dibutuhkan oleh pasar di dalam negeri maupun luar negeri dapat menjadi perhatian bagi pemerintah untuk meningkatkan produktivitas perkebunan karet. Upaya-upaya untuk menghasilkan produk perkebunan karet yang berkualitas tinggi harus segera dilakukan agar tidak kalah bersaing dengan negara lain.

Advertisements
Category: Budidaya Karet