Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

PT SMART Tbk Dorong Produktivitas Petani



Advertisements

Kutim – Mendorong produktivitas petani swadaya kini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. buktinya, salah satu anak pt sinar mas agro resources and technology (smart) tbk., berlokasi di kalimantan timur telah bermitra dengan petani swadaya, kini kebun sawit swadaya itu pun telah berproduktivitas tinggi.

Pertumbuhan perkebunan kelapa sawit di Indonesia tercatat sangat pesat, jika tahun 1980 masih sekitar 294.560 ha, maka tahun tahun 2014 ini diperkirakan telah mencapai 10,2 juta ha.

Advertisements

Dimana sekitar 44% lahan kebun sawit nasional dimiliki oleh petani plasma dan swadaya. Hanya saja menurut data Kementerian Pertanian, hingga saat ini kepemilikan lahan perkebunan kelapa sawit petani itu di dominasi milik petani swadaya.

Wajar bilamana produktivitas kebun sawit nasional acapkali terhitung rendah, itu akibat luasnya lahan yang dikelola petani swadaya yang rata-rata masih memiliki produktivitas rendah.

Seperti di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, lantaran sawit dianggap komoditas yang menguntungkan, mendorong perkebunan kelapa sawit yang dikelola petani di wilayah itu terus bertambah.

Sayangnya, akibat pengetahuan budidaya yang minim disertai modal dana yang pas-pasan, produktivitas kebun sawit milik petani di daerah tersebut menjadi kurang memuaskan. Padahal potensi produksi kebun sawit petani bisa digenjot lebih tinggi.

Melihat potensi tersebut, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk., melalui anak usahanya PT Tapian Nadenggan dan PT Kresna Duta Agroindo, yang berlokasi di Kalimantan Timur membuka kesempatan untuk bermitra dengan petani dalam pola inti-plasma, yang dibungkus dalam skim Revitalisasi Perkebunan (Revitbun) dan kemitraan petani swadaya.

Merujuk informasi dari perusahaan, yang telah membuka kebun sawit di wilayah tersebut semenjak 1997 silam, lewat skim Revitbun itu perusahaan telah bermitra dengan perkebunan kelapa sawit petani seluas 6.790 ha, atau sekitar 27,24% dari total luas kebun sawit inti yang mencapai 24.928 ha. (T2)

Untuk lebih lengkap baca InfoSAWIT Edisi Mei 2015

http://www.store.infosawit.com

Advertisements
Category: Info Sawit