Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Kemitraan Swadaya Dorong Ekonomi Perdesaan



Advertisements

Kutim – Kemitraan yang dikembangkan pt sinar mas agro resources and technology (smart) tbk., rupanya tidak hanya berupa jual-beli tbs, sebab termasuk pula membantu memasok bibit, pupuk hingga peminjaman alat berat untuk mitra petani swadaya.

Suhendar (50), dari Desa Marga Mulya, Kecamatan Muara Wahau, Kutai Timur itu kini sudah memiliki rumah bak istana raja, berdiri diatas lahan sekitar 300 meter persegi, dibangun dengan corak ornamen ala Eropa bertiang tinggi dengan diselimuti cat berwarna putih. Melengkapi kemewahan rumah, pula terdapat kendaraan mewah berwarna putih terparkir persis di samping depan  rumahnya.

Advertisements

Padahal konon sebelumnya, Suhendar hanyalah seorang transmigran asal Pekalongan, Jawa Tengah. Dengan hanya bermodal semangat dan wawasan bertani ala kadarnya, Suhendar memberanikan diri ikut program transmigrasi tahun 1982 silam, berupa Trans-Inti kelapa hibrida.

Rupanya, hidup transmigrasi tidak seindah yang dibayangkan, terlebih tahun 1990-an kebun kelapa Suhendar terkena Puso alias gagal panen, kala itu cerita Suhendar banyak petani yang tidak tahan dan menjual lahannya untuk kembali ke Jawa.

Namun tidak bagi Suhendar, dengan semangat tinggi mantan Kepala Desa Marga Mulya periode 2000-2007 itu tetap bertahan, bahkan bersama Camat dan beberapa Kepala Desa berupaya untuk kembali bangkit bermodal lahan kebun kelapa yang sebagian telah terbengkalai.

Selepas melakukan studi banding ke Gunung Sugih, Lampung, Suhendar pun mencanangkan penggantian kebun kelapa menjadi perkebunan kelapa sawit dengan bantuan bibit dari Pemerintah Daerah, harapannya lahan kelapa yang terbengkalai bisa kembali dimanfaatkan. “Dulu sebelum adanya sawit mencari penghasilan sehari Rp 50 ribu sangat sulit,” katanya kepada InfoSAWIT.

Selain mengusahakan batuan bibit dari Pemda setempat, Suhendar menggagas bekerjasama dengan salah satu anak usaha PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk., PT Kresna Duta Agroindo guna membangun kebun sawit plasma dari eks lahan transmigrasi. Maka terbangunlah kebun sawit plasma mitra perusahaan.

Sementara kebun sawit yang berasal dari bantuan bibit sawit dari Pemda, baru bermitra dengan perusahaan tahun 2000-an dengan skim mitra petani swadaya, tergabung dalam Koperasi Perkebunan (Kopbun) Kongbeng Bersatu yang menaungi sekitar 7 Koperasi dari 7 desa, dengan luas lahan kebun sawit swadaya mencapai 4.058 ha.

Kini perputaran uang di desa tersebut telah mencapai Rp 72 miliar per bulan. Akibat rata-rata pendapatan penduduk desa tersebut telah terkerek naik, terlebih bagi petani yang memiliki lebih dari 1 kaveling kebun sawit, pendapatan bersihnya bisa mencapai Rp 15 juta per bulan. (T2)

Untuk lebih lengkap baca InfoSAWIT Edisi Mei 2015

http://www.store.infosawit.com

Advertisements
Category: Info Sawit