Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Gubernur Babel Minta Perusahaan Beli TBS Sesuai HET



Advertisements

PANGKAL PINANG – Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sering kali dibeli oleh perusahaan tidak sesuai dengan harga yang ditetapkan atau harga eceran tertinggi (HET).

Oleh sebab itu Gubernur Kepulauan Babel, Rustam Effendi meminta pengusaha untuk mematuhi HET TBS. Hal ini guna meningkatkan pendapatan petani sawit di daerah itu.

Advertisements

“Saat ini, sebagian besar pengusaha membeli hasil sawit petani di bawah HET yang ditetapkan, sehingga merugikan petani,” paparnya, Rabu (6/5/2015).

Rustam menjelaskan, sebagaimana Inilah melansir, berdasarkan kesepakatan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Pertanian dengan asosiasi perkebunan sawit dan pengusaha, menetapkan HET TBS sekitar Rp1.000 lebih, sementara harga sawit di petani hanya Rp800 per kilogram.

“Kami meminta pengusaha mematuhi HET yang telah disepakati, jika tidak ditaati maka akan ditindak sesuai aturan berlaku,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan memanggil Kepala Distanbunnak, Asisten II Bidang Ekonomi, asosiasi perkebunan sawit dan pengusaha sawit tersebut untuk meminta kejelasan terkait rendahnya harga jual TBS petani. “Kita inginkan masing-masing pihak menjelaskan, penurunan harga komoditas ini dan apa solusi untuk mengatasi masalah tersebut,” ujarnya. (T3)

Advertisements
Category: Info Sawit