Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

PETANI JAMBI KE THAILAND ?




ZULKIFLI AJAK PETANI KARET JALAN-JALAN KE THAILAND… SIAPA MAU IKUT ?

Advertisements

SAROLANGUN – Meski dinilai tak berhasil, Pemprop Jambi “ngotot” mempertahankan program replanting karet. Program ini dipertahankan Pemprop, dengan alasan demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Diakui Gubernur Jambi, program yang digulirkan Pemprop Jambi diawal tahun 2006 itu, sempat mendapat tantangan dari berbagai unsur, mulai dari alam hingga politik.

“Tapi tetap kami pertahankan hingga saat ini demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubernur Jambi, Drs H Zulkifli Nurdin, saat melakukan peninjauan dan temu wicara dengan para petani dan penangkar karet se-Kabupaten Sarolangun di Desa Bukit Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun, Kamis (5/3).

Meski begitu, Bang Zul merasa bersyukur, program tersebut pada tahun 2007 dan 2008 bangkit kembali. Bahkan, di tahun 2009 ini diupayakan lebih banyak lagi. “Dan untuk tahun 2010 akan diminta kepada Dinas Perkebunan untuk melipat gandakan program replanting karet ini dari tahun sebelumnya,” tegas Gubernur.

Tidak itu saja, untuk meningkatkan program replanting karet ini, Gubernur berjanji akhir tahun 2009 akan mengajak beberapa petani karet ke Thailand untuk mengetahui dan belajar tentang tata cara bertani karet disana. “Di Thailand, setiap satu hektarnya bisa menghasilkan karet dua setengah kali lipat dari hasil karet kita,” kata Gubernur.

Bupati Sarolangun H Hasan Basri Agus dalam sambutannya mengatakan, perkebunan karet di Kabupaten Sarolangun mencapai luas lebih kurang 117.993 Ha dengan rincian tanaman belum menghasilkan seluas 30.934 Ha, tanaman menghasilkan seluas 58.910 Ha dan tanaman rusak atau tanaman tua seluas 28.149 Ha.

Pemerintah Kabupaten Sarolangun, kata HBA, dari tahun 2001 hingga sekarang secara terus menerus mengangarkan dana melalui APBD II yang didukung dana APBD I dan APBN, sehingga perkebunan karet rakyat yang telah diremajakan telah mencapai 20,49 persen atau setara dengan 24.179 Ha dari total luas kebun karet 117.993 Ha.

“Pada tahun 2009 ini kembali dianggarkan dana pengadaan bibit untuk peremajaan areal seluas 2000 Ha,” katanya. Bupati juga menyampaikan terima kasihnya pada Gubernur Jambi, yang telah membantu melalui dana APBD I. (infojambi.com/RELEASE HUMAS)
Sumber : www.infojambi.com , (Jambi, 7 Maret 2007

Incoming search terms:



Source link

Advertisements
Category: Karet alam