Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Bekerja di Perkebunan Sawit Jadi Alternatif TKI

Rabu, 4 Maret 2015

BEKASI – Bekerja di perkebunan kelapa sawit jadi pilihan bagi para tenaga kerja Indonesia di tengah sempitnya lapangan kerja.

Advertisements

Pasalnya selain hidup tenang dari kebisingan kota, bekerja di perkebunan sawit pun bisa menciptakan kemapanan dan karir yang terus menanjak.

Rozi Ariandi, salah satu alumni Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) menngatakan ketenangan dari kebisingan kota itu terlihat ketika dirinya bekerja dalam suasana perkebunan sawit yang sangat erat dengan lingkungan hidup sehat dan asri ketimbang bekerja di perkotaan yang penuh dengan polusi.

”Setiap hari kalau bekerja di perkotaan, kita juga dihadapkan dengan macet berjam-jam,” ujar Rozi, Rabu (4/3/2015).

‎Dengan bekerja di perkebunan sawit, sekarang Rozi sudah merasakan kemapanan karena apa yang telah dimimpikannya sejak kecil, sekarang bisa tercapai.

Saat ini, jelas dia, dengan posisi menjadi Kepala‎ Tata Usaha di salah satu perusahaan sawit nasional (PT Citra Sawit Lestari), ia sudah bisa membeli rumah, kendaraan, dan kebutuhan keluarga lainnya.

”Jadi memang memberikan masa depan yang cerah,” ungkapnya.

Ia menuturkan pengalamannya sejak baru-baru kuliah memang belum mengerti apa yang dimaksud dengan budidaya kelapa sawit. Namun, setelah tiga tahun kuliah, akhirnya ia baru paham bahwa budidaya kelapa sawit memiliki prospek lapangan pekerjaan yang cerah.

Ia berpesan agar mereka yang ingin melanjutkan pendidikan dari SMA dan sederajat kelak ‎dapat memilih perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan perusahaan perkebunan sawit, sehingga setelah lulus, langsung bisa ditempatkan bekerja.

Alumni Politeknik Kelapa Sawit CWE lainnya, Heki Aprilyanto, senada. Ia mewanti-wanti agar lulusan SMA dan sederajat bisa memilih perguruan tinggi yang memang komitmen untuk mengurangi pengangguran di Indonesia sekaligus memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

”Dengan begitu bisa bantu memajukan perekonomian Indonesia,” ujar dia.

Menurut Direktur Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi Stephanus Nugroho Kristono, di masa mendatang, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) untuk perkebunan kelapa sawit memang mendesak.‎ Sebab, banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang kerap butuh tenaga terampil dan terdidik.

Ia memperkirakan kebutuhan SDM untuk regenerasi tenaga kerja kelapa sawit yang telah berusia lanjut yakni 4.850 hingga 6.420 tenaga terdidik dan terlatih setiap tahunnya.

Ribuan tenaga kerja itu antara lain akan mengisi berbagai posisi seperti general manajer, manajer kebun, manajer pabrik, asisten kepala, kepala tata usaha‎, asisten kebun, asisten pabrik, asisten traksi, pengukuran dan alat berat, asisten hama dan penyakit, serta mandor kebun. (fid)

(ful)

Sumber :

http://news.okezone.com/read/2015/03/04/337/1113694/bekerja-di-perkebunan-sawit-jadi-alternatif-tki

Advertisements
Category: Info Sawit