Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Kelompok Petani Swadaya Bersertifikat RSPO Bertambah | Indonesian Palm Oil Magazine

JAKARTA – Sepanjang tahun 2014 kelompok petani swadaya Indonesia yang mendapatkan sertifikasi internasional untuk kelapa sawit berkelanjutan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) bertamabah. Hal ini ditandai dengan disertifikasinya kelompok tani dari Gapoktan Tanjung Sehati di Jambi dan Koperasi Tani Maju binaan Cargill di Sumatera Selatan.

Pada tahun 2013 sebelumnya, kelompk petani di Kecamatan Akui, Kabupaten Palalawan, Riau, yang tergabung dalam Asosiasi Petani Sawit Swadaya Amanah telah mendapatkan sertifikasi dari lembaga nirlaba itu.

Menurut penjelasan Direktur RSPO Indonesia, Desi Kusumadewi, luas lahan Asosiasi Amanah yang disertifikasi  seluas 746 hektare (ha), sementara Gapoktan Tanjung Sehati dan Koperasi Tani Maju masing-masing seluas 346 ha dan 90 ha. Sedangkan hingga Juni 2014, secara skim  smallholder di dunia yang mendapatkan sertifikasi Indonesia sebesar 39.456 ha (40%), Papua New Guinea 34.003 ha (34%), Malaysia 13.798 ha (14%), Ivory Coast 10.117 ha (10%), Colombia 1.464 (1%), dan Solomon Island (1.011 ha (1%). Namun ia tidak bisa memastikan target kelompok petani yang akan bersertifikat RSPO, “SPKS sudah mengajukan, tapi belum ada kepatikan jadwal kapan mereka di audit,” katanya kepad InfoSAWIT di Jakarta, belum lama ini. (T3)

Advertisements

Advertisements
Category: harga sawit