Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Benarkah, Kedaulatan di Tangan Anggota GAPKI? | Indonesian Palm Oil Magazine

Bali, InfoSAWIT – Keberadaan GAPKI sebagai asosiasi pengusaha kelapa sawit, memiliki keistimewaan bagi anggotanya. Pasalnya menurut Anggaran Dasar GAPKI, Bab VII, Kedaulatan, Kekuasaan tertinggi, Musyawarah dan rapat, Hak suara, terutama pada pasal 17.

Anggaran Dasar GAPKI pada Bab VII, pasal 17, mengatur mengenai kedaulatan GAPKI berada di tangan anggota yang dalam hal ini dilakukan sepenuhnya melalui Munas/Munaslub. Artinya, keberadaan Munas menjadi ajang kekuasaan tertinggi bagi anggota, guna menentukan arah asosiasi di masa mendatang.

Kendati pada Munas IX ini, sebelumnya telah dilakukan pertemuan pra Munas, berdasarkan aturan yang terdapat di dalam Anggaran Dasar GAPKI yang masih berlaku ini, maka kegiatan sebelum adanya Munas tidak memiliki landasan hukum yang kuat. Lantaran, keberadaan pra munas tidak diatur didalam Anggaran Dasar GAPKI.

Advertisements

Sumber InfoSAWIT mempertanyakan keberadaan pra munas yang tidak pernah ada sebelumnya, dan sama sekali tidak diatur dalam anggaran dasar GAPKI yang masih berlaku saat ini.

Lantaran tidak di atur dalam Anggaran Dasar, maka keberadaan pra munas bisa saja dipandang tidak pernah ada. Sehingga, hasil pra munas, tidak bisa dijadikan rujukan dan dasar bagi pelaksanaan Munas IX. “Rada aneh, jika hasil pra munas dijadikan rujukan pada pelaksanaan Munas kali ini, sebab tidak diatur dalam anggaran dasar GAPKI,” ujar sumber itu, lebih lanjut mempertanyakan,”kenapa harus memaksakan, bila secara nyata melanggar anggaran dasar?” (T1)

Advertisements
Category: harga sawit