Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

GAPKI Perlu Awasi Regulasi Tidak Populis | Indonesian Palm Oil Magazine

JAKARTA , INFOSAWIT – Di akhir kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun lalu, banyak muncul berbagai regulasi yang dianggap kurang menguntungkan bagi bertumbuhnya industri kelapa sawit nasional.

Misalnya perpanjangan kebijakan Moratorium ijin pembukaan lahan baru, terbitnya Peraturan Pemerintah tentang Ekosistem Gambut, Revisi UU Perkebunan dan Permentan tentang ijin usaha perkebunan, yang mana mewajibkan pelaku usaha mambatasi kepemilikan lahan hanya sebanyak 100 ribu ha secara nasional.

Jelas, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) perlu mengawasi munculnya berbagai kebijakan yang tidak populis. Sejatinya GAPKI perlu menjadi mitra bagi pemerintah guna menghasilkan kebijakan yang kondusif bagi industri kelapa sawit nasional.

Advertisements

Sebab itu kedepan GAPKI perlu mengawasi munculnya berbagai regulasi yang tidak populis, Jelas pengurus GAPKI baru perlu pro aktif serta terus memantau kebijakan yang ditengarai tidak kondusif bagi industri kelapa sawit nasional.

GAPKI periode sebelumnya lebih condong memantau masalah domestik alasannya lebih berkaitan dengan kebijakan pengembangan perkebunan kelapa sawit, yang tentu saja pengaruhnya cukup siginifikan bagi pertumbuhan industri. “Walau ada isu negatif, toh Eropa tetap beli, makanya kami lebih fokus terhadap masalah domestik,” tutur Ketua Umum GAPKI Periode 2011-2014, Joefly J Bahroeny.

Namun perlu diingat bahwa munculnya berbagai regulasi yang menghambat itu, faktanya sedikit banyak pengaruh dari tekanan isu lingkungan, sehingga pemerintah Indonesia lebih memilih untuk menerbitkan berbagai regulasi yang tidak menguntungkan pelaku industri kelapa sawit nasional. Jadi, mau tidak mau isu dari luar atau domestik pastinya perlu di pantau dengan baik.  (T2)

Advertisements
Category: harga sawit