Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

GIMNI : Deforestasi Hanyalah Perang Dagang | Indonesian Palm Oil Magazine

JAKARTA – Upaya mencegah berkembangnya industri kelapa sawit nasional oleh pihak-pihak asing masih terasa, diantaranya dengan mengkampanyekan isu deforestasi yang disematkan kepada kelapa sawit.

Padahal, kata Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Sahat Sinaga, Indonesia sejak tahun 2000-an sudah berubah. Artinya perusahaan besar itu betul-betul menjalankan usahanya sesuai dengan izin dan aturan yang berlaku di Indonesia, tidak ada lagi deforestasi.

Lanjutnya ia menjelaskan, pencegahan deforestasi ini sudah dengan aturan yang ada diantaranya kewajiban perusahaan untuk bersertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). “Dengan ISPO itu sangat membantulah,” ujarnya belum lama ini, di Jakarta.

Advertisements

Menurutnya, saat ini yang melakukan deforestasi adalah masyarakat, karena mereka melihat margin sawit itu bagus. “Kenapa orang lebih sibuk ke kebun daripada ke hilir, karena margin lebih tinggi di kebun,” paparnya.

Jadi intinya, isu deforestasi dan perusakan lingkungan lainnya yang disematkan kepada perkebunan sawit hanyalah perang dagang. Karena jelas Sahat, minyak nabati itu ada dua yakni soft oil terdiri dari minyak kedelai, jagung, bunga matahari dan kanola, yang biasa diproduksi oleh negara-negara barat. Sedangkan kedua hard oil terdiri dari minyak sawit, minyak kelapa sama kernel yang kini diproduksi salah satunya oleh Indonesia.

“Pangsa dunia yang dulunya soft oil bisa 70% seluruh dunia dipenuhi mereka, dengan pertumbuhan dunia yang begitu pesat tidak bisa lagi. Maka munculah minyak sawit ini, karena produktivitasnya tinggi, sehingga mereka khawatir,” jelasnya. (T3)

Advertisements
Category: harga sawit