Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Dua Proses Menanam Bibit Karet dilokasi yang berbeda



A d v e r t i s e m e n t

Proses Menanam Bibit Karet adalah kelanjutan cerita dari proses menyiapkan  lahan penanaman bibit karet. Dalam artikel ini saya akan berbagi informasi Proses Menanam Bibit Karet yang dilakukan oleh bapak saya yakni menanam karet sebagai generasi pengganti di kebun kakao yang telah berumur tua dan kurang produktif dan pengalaman saya dalam Proses Menanam Bibit Karet di bekas kebun kayu jati yang sudah dipanen setahun lalu. Proses Menanam Bibit Karet yang dilakukan oleh bapak saya berbeda dengan yang saya lakukan, hal ini tentunya dikarenakan kondisi lahan yang berbeda. Saya menanam pohon karet di lereng gunung bagian tengah dan lahan bekas kebun kayu jati yang banyak ditumbuhi semak belukar dan tentunya waktu saya yang tak banyak karena harus segera beraktifitas ditempat kerja. Sedangkan bapak saya menanam pohon karet di kaki bukit dan di area kebun kakao yang terawat bersih. Tetapi ada kesamaan yaitu luasnya lahan yang di tanami kami masing-masing menghabiskan sekitar 1300 batang bibit karet.

Advertisements

Proses Menanam Bibit Karet yang saya lakukan sangat cepat, karena dalam waktu 3 hari proses menyiapkan lahan dan Proses Menanam Bibit Karet nya selesai dikerjakan oleh 7 orang setiap hari. Jangan di bayangkan lokasinya bersih dan rapi, hal yang saya lakukan adalah membabat semak belukar dan membuat barisan seperti jalan setapak kemudian saya pasang acir atau tongkat penanda kemudian membuat lubang dan menanam. Rincian tugas pekerja dalam Proses Menanam Bibit Karet yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

Dua pekerja bertugas membabat jalur-jalur yang akan dipasang Acir atau tongkat penanda.Satu pekerja bertugas mengukur jarak dengan menggunakan tambang dan memasang Acir atau tongkat penanda.Dua orang bertugas membuat lubang dengan menggunakan Lembing.Satu orang bertugas Menyebarkan bibit karet ke setiap lubang.Satu orang bertugas menanam bibit karet.

Itulah langkah – langkah yang saya terapkan dalam Proses Menanam Bibit Karet hingga penanaman selesai sesuai waktu yang saya targetkan. Hal terberat yang akan timbul adalah proses perawatan karena setelah selesai penanaman dilihat secara kasat mata masih seperti semak belukar yang tercabik-cabik.

Inilah Dokumentasi Proses Menanam Bibit Karet yang saya lakukan :

Proses Menanam Bibit Karet, Pekerja sedang menyebarkan bibit karetProses Menanam Bibit Karet, Pekerja sedang menyebarkan bibit karetProses Menanam Bibit Karet, Bibit karet didistribusikan secara berkelompok lalu disebarkan ke setiap lubang.Proses Menanam Bibit Karet, Bibit karet didistribusikan secara berkelompok lalu disebarkan ke setiap lubang.Proses Menanam Bibit Karet, Pekerja sedang menanam bibit karetProses Menanam Bibit Karet, Pekerja sedang menanam bibit karet

Bagaimana proses penanaman bibit karet yang dilakukan oleh ayah saya, beliau hanya bekerja ditemani satu orang pekerja karena beliau adalah petani full time. Proses Menanam Bibit Karet yang dilakukan antara lain :

Memasang Acir dan mengukur jarak tanam dilakukan sendiri.Membuat lubang penanaman bibit karet di bantu pekerja.Menyebarkan pupuk kandang dan bibit karet dilakukan oleh pekerja.Proses Menanam Bibit Karet dilakukan sendiri.

Untuk melihat proses detail nya anda bisa melihat dokumentasi video yang saya rekam dibawah ini :