Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Kambing Boerka, mendongkrak produktivitas kambing lokal



Advertisements

Puslitbang Peternakan (Puslitbangnak) berhasil menyilangkan kambing kacang dan kambing impor berjenis boer. Hasil silangan ini dinamakan kambing Boerka.

Sudah rahasia umum para peternak kecil lebih menyukai memelihara kambing lokal seperti kambing kacang. Mungkin karena jenis kambing ini sangat mudah dirawat, tahan banting terhadap kondisi iklim, dikasih pakan apapun tidak rewel, dan bisa beranak banyak.

Advertisements

Namun kendalanya, pertumbuhan kambing kacang relatif lambat. Terutama bila dibandingkan dengan jenis-jenis kambing impor. Ukurannya pun relatif kecil. Tentu saja hal ini berpengaruh pada hasil panen yang didapat.

Sudah beberapa tahun belakangan, Puslitbangnak mencoba berinovasi dengan menyilangkan kambing kacang dengan kambing boer. Kini hasil silangan tersebut sudah menampakan hasil. Kambing kacang yang mungil tumbuha lebih bongsor. Silangan ini dinamakan kambing Boerka. Diambil dari kata Boer dan Kacang.

Berdasarkan keterangan resminya, kambing Boerka ini memiliki sifat pertumbuhan yang cepat, bobot lahirnya lebih berat 40% dari kambing kacang. Laju pertumuhannya sekitar 45% lebih cepat untuk jantan dan 40% lebih cepat pada betina. Dalam tempo 12-18 bulan sudah siap potong dengan estimasi berat sekitar 26-36 kg per ekor.

Selain bobot dan pertumbuhannya yang tinggi, Boerka mewarisi karakter kambing kacang yang tahan banting. Daya adaptasi terhadap lingkungan tropis yang basah cukup baik. Peternak tidak perlu khawatir kalau kambing ini bersifat “manja”, sperti kebanyakan jenis kambing introduksi dari luar.

Peternak juga tak perlu khawatir dengan kebiasaan konsumen kita terhadap rasa daging kambing lokal. Kambing boerka ini memiliki tekstur yang mirip dengan kambing kacang. Mutu karkasnya termasuk mutu I sama halnya dengan kambing kacang. Sifat fisik daging dan kandungan nutrisinya relatif sama. Sehingga diperkirakan tidak akan sulit bila dijual di pasar lokal.

Selain pasar lokal, kambing boerka juga mempunyai peluang untuk diekspor. Dengan bobot yang relatif lebih besar per ekornya, peluang untuk diterima di pasar ekspor lebih terbuka.

Kini Puslitbanknak berupaya menyosialisasikan jenis kambing ini. Di Sumatera Utara mereka bekerja sama dengan dinas peternakan setempat untuk membudidayakan kambing boerka secara masal.

BACA JUGA

Kami Juga Menyediakan Produk – Produk Unggulan dibawah ini

Kacangan Jenis CM Berat 1 kg

kacang kacangan penutup tanah (legume cover crops) dengan berbagai jenis ini merupakan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengikat nitrogen sehingga kadar kelembapan tanah akan tetap terjaga. Fungsi dan kestabilan kelembapan ini biasanya dibutuhkan pada masa pertumbuhan pohon karet dan pohon sawit atau sejenisnya dalam

Selengkapnya

Raja Latex Pluss – Solusi Meningkatkan Hasil Sadap Karet, Mati Getah, Kulit Keras Pada Batang Karet

Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Selengkapnya

Jual Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Dari segi imbal hasil, secara umum bisnis kebun sawit memberikan return yang jauh lebih besar dibandingkan dengan property rumah, kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA. Kami Menyediakan Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Selengkapnya

NPK HUMAGROW HUMID ACID : 6-30-6 PLUS SPesial Khusus Pupuk Karet Dan Sawit, dan Tanaman Lainnya

Kelebihan Pupuk NPK Humagrow yaitu : Memperbaiki Unsur Unsur tanah dan tanaman keras, yang bisa menghasilkan 2 kali lipat dari hasil sebelumnya 1. Memperbaiki dan meningkatkan dan membentuk pertumbuhan Akar yang kuat 2. Tanah lebih Remah dan lebih lama menahan air, sehingga 99 % pemupukan bisa diserap oleh tanaman, dan

Selengkapnya

Pupuk Organik Buah dan Sayuran Alphamien , Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik Hasil Panen Meningkat,

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik
Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak, Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah

Selengkapnya

Previous

Advertisements
Category: Penyakit Karet