Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

TATA AIR LAHAN GAMBUT UNTUK MANAJEMEN BANJIR DAN KEKERINGAN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Bagian Kedua)



 

Pengaturan tinggi muka air di saluran drainase (tidak melebihi 40 cm di bawah permukaan tanah/piringan sesuai PP No 71 tahun 2014) merupakan salah satu kunci tata air di perkebunan kelapa sawit karena berfungsi:

Advertisements

Menjaga kebasahan gambut.
Mencegah keruntuhan jalan. Jalan sangat mahal konstruksinya di lahan gambut dan usaha mempertahankan waktu layanannya merupakan salah satu prioritas utama budidaya.
Mengurangi laju penurunan muka tanah (land subsidence).

Akibat dari penurunan muka tanah yang berlebihan:

Penurunan muka tanah di daerah hilir gambut mengakibatkan di masa mendatang tinggi muka tanah gambut berada di bawah permukaan sungai sehingga lahan gambut menjadi kurang ekonomis menjadi lahan budidaya.
Pohon menjadi lebih mudah miring dan rubuh.
Mengurangi risiko defisiensi hara Cu. Pupuk untuk mineral ini relatif mahal dan jika defisiensi terlambat dikoreksi bisa mengakibatkan kematian tanaman.
Mencegah teroksidasinya lapisan berpirit (di lahan gambut sulfat masam). Teroksidasinya lapisan berpirit mengakibatkan keracunan tanaman. Khusus lahan gambut sulfat masam, aliran temporer yang berasal dari pasang sungai diatur untuk memudahkan pencucian lahan dan mengatasi kekeringan.
Menjaga muka air yang terjaga di saluran drainase, terutama pada musim kering, berfungsi sebagai sekat bakar alami untuk mengurangi kemungkinan perambatan api antar blok.

Bangunan utama yang berfungsi untuk mempertahankan tinggi muka air adalah sekat kanal dan pintu air. Berdasarkan best practice yang dikeluarkan RSPO (2013), setiap penurunan muka air 20 cm dalam collection drain dibuat 1 sekat kanal, namun optimasi jumlah dan penempatan sekat kanal haruslah berdasarkan:

Peta kontur detail
Kecepatan aliran air
Peta arah aliran air di sistem drainase selama musim kering dan musim hujan
Peta historis banjir, kekeringan dan kebakaran (bila ada)
Data/informasi tinggi muka air maksimum dan minimum sungai, serta tinggi banjir maksimum dan minimum di masing – masing blok yang terdampak
Data laju penurunan muka tanah (land subsidence)
Data monitoring harian tinggi muka air di parit primer (main drain) dan sekunder (collection drain)

Perlu ditekankan bahwa pengendalian struktural, contohnya dengan pembangunan bangunan air (Tabel 1) di lahan gambut harus mempertimbangkan aspek geoteknik, karena karakteristik geoteknik lahan gambut yang sangat jelek. Setiap bangunan air yang dibangun harus dikonsultasikan dengan ahli geoteknik, terutama flood basin (waduk banjir), water gate (pintu air) dan dyke (tanggul). Sekat kanal dapat dibangun berdasarkan best practices setempat, namun jika dibangun massal dalam waktu singkat, penentuan dimensi optimum harus dilakukan dengan konsultasi kepada ahli geoteknik.

Catatan:

Artikel ini merupakan artikel pribadi penulis, dan bukan mewakili pandangan institusi tempat penulis bekerja atau mengajar.
Penulis tidak bertanggung jawab secara teknis, hukum dan finansial atas penggunaan isi dan rekomendasi dalam artikel ini, baik untuk kultur teknis perkebunan, konservasi dan penggunaan lain, jika terjadi kerugian finansial serta timbulnya masalah teknis, sosial maupun hukum.
Dilarang mengutip dan mempublikasikan bagian atau keseluruhan dari artikel ini tanpa seijin tertulis dari penulis.
Tulisan ini terbagi atas dua bagian. Bagian pertama dimuat di Majalah Sawit Indonesia edisi 15 April-15 Mei 2016. Bagian kedua akan dilanjutkan Majalah Sawit Indonesia edisi 15 Mei-15 Juni 2016.
Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman penulis sebagai praktisi dan akademisi di bidang tata air

*Penulis lulusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung dan Agriculture and Bioresource Engineering Wageningen University, Belanda

(Selengkapnya Majalah SAWIT INDONESIA Edisi 15 April-15 Mei 2016)

Kami Juga Menyediakan Produk – Produk Unggulan dibawah ini

Kacangan Jenis CM Berat 1 kg

kacang kacangan penutup tanah (legume cover crops) dengan berbagai jenis ini merupakan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengikat nitrogen sehingga kadar kelembapan tanah akan tetap terjaga. Fungsi dan kestabilan kelembapan ini biasanya dibutuhkan pada masa pertumbuhan pohon karet dan pohon sawit atau sejenisnya dalam

Selengkapnya

Raja Latex Pluss – Solusi Meningkatkan Hasil Sadap Karet, Mati Getah, Kulit Keras Pada Batang Karet

Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Selengkapnya

Jual Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Dari segi imbal hasil, secara umum bisnis kebun sawit memberikan return yang jauh lebih besar dibandingkan dengan property rumah, kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA. Kami Menyediakan Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Selengkapnya

NPK HUMAGROW HUMID ACID : 6-30-6 PLUS SPesial Khusus Pupuk Karet Dan Sawit, dan Tanaman Lainnya

Kelebihan Pupuk NPK Humagrow yaitu : Memperbaiki Unsur Unsur tanah dan tanaman keras, yang bisa menghasilkan 2 kali lipat dari hasil sebelumnya 1. Memperbaiki dan meningkatkan dan membentuk pertumbuhan Akar yang kuat 2. Tanah lebih Remah dan lebih lama menahan air, sehingga 99 % pemupukan bisa diserap oleh tanaman, dan

Selengkapnya

Pupuk Organik Buah dan Sayuran Alphamien , Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik Hasil Panen Meningkat,

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik
Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak, Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah

Selengkapnya

Previous

Advertisements
Category: Karet alam