Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Apa Itu Umami?



Advertisements

– Anda tentu pernah mendengar kata “umami” kan? Umami atau biasa diartikan dengan “rasa gurih” merupakan salah satu dari lima rasa utama -selain manis, asin, asam, pahit- yang sering dijumpai pada makanan. Beberapa masyarakat menyebut rasa umami sebagai rasa dari MSG atau mecin/vetsin.

Umami ternyata menjadi rasa favorit yang banyak digemari orang. Tidak mengherankan memang, karena umami memberikan sensasi rasa yang lezat dan enak di lidah. Sebut saja beberapa makanan Indonesia seperti bakso, sup, bakmi ayam, adalah beberapa contoh makanan yang cukup dominan rasa umaminya. Harus diakui, jika menyantap makanan-makanan yang umami tersebut, kita seperti tak ingin berhenti untuk menikmatinya. Kita seolah-olah ketagihan dengan kenikmatan rasa yang ditawarkannya, ya kan?

Advertisements

Apa Arti Umami?
Sebenarnya, apa sih arti umami itu? Secara umum, umami diartikan sebagai rasa gurih yang lezat yang dihasilkan dari glutamat, sejenis asam amino yang secara alami terkandung dalam makanan yang tinggi protein. Agar lebih paham arti dan maksud umami, mari kita menengok sedikit ke sejarah penemuan rasa tersebut.

Kata “umami” merupakan kata serapan dari bahasa jepang yang berasal dari kata “umai” yang artinya lezat dan kata “mi” yang berarti rasa. Jadi, makna kata umami bisa diartikan dengan “rasa yang lezat”.

Pada tahun 1908, kata “umami” pertama kali diperkenalkan secara ilmiah oleh seorang profesor Jepang dari Tokyo Imperial University, yaitu Profesor Kikunae Ikeda. Profesor Ikeda mengidentifikasi rasa lezat dari kaldu kombu (rumput laut) dari sup tahu yang ia makan. Beliau menemukan adanya perbedaan rasa lezat dari kaldu kombu tersebut dengan rasa asin, asam, manis, dan pahit yang biasanya ada dalam makanan.

Di laboratoriumnya, Profesor Ikeda akhirnya berhasil mengisolasi zat yang memberi “rasa lezat khas” dalam kaldu kombu tersebut. Menurut Profesor Ikeda, rasa lezat dari kaldu kombu itu berasal dari glutamat (C5H9NO4). Glutamat merupakan asam amino terbanyak penyusun protein. Selanjutnya, Profesor Ikeda menamai rasa lezat glutamat tersebut dengan istilah umami.

Penemu-msg-rasa-umami-Kikunae-Ikeda-profesor-jepang

(Profesor Kikunae Ikeda)

Profesor Ikeda juga menemukan bahwa menggabungkan glutamate dengan sodium (natrium) dapat menghasilkan bubuk kristal putih dengan rasa gurih lezat, yang mudah disimpan dan digunakan. Senyawa kristal tersebut selanjutnya dikenal dengan nama Monosodium Glutamate atau MSG. Tahun berikutnya, Profesor Ikeda dan rekannya mendirikan Ajinomoto Corp dan mulai memproduksi MSG untuk digunakan dalam makanan. Sejak saat itu, MSG mulai dijual secara komersial, popularitasnya terus meledak, dan makin banyak dikenal orang.

Penelitian selanjutnya tentang umami terus berkembang, dan akhirnya diketahui bahwa bukan hanya asam amino glutamat saja yang menghasilkan rasa lezat gurih umami. Ternyata, ada senyawa lain yang diketahui juga mampu menghasilkan rasa gurih/umami. Senyawa tersebut adalah nukleotida (molekul pembangun RNA dan DNA), yaitu inosinate dan guanylate. Inosinate banyak ditemukan dalam daging, sementara guanylate banyak terdapat dalam sayur-sayuran. Kedua senyawa tersebut (inosinate dan guanylate) memiliki rasa umami tersendiri, sekaligus juga memperkuat rasa umami dari glutamate.

Sumber Makanan Umami
Untuk mendapatkan rasa umami, umumnya orang akan menambahkan bumbu penyedap yang mengandung glutamat, yaitu MSG (Monosodium Glutamate). Padahal sebenarnya, rasa gurih umami tidak hanya bisa didapat dari bahan penyedap buatan pabrik, melainkan juga bisa dihasilkan dari bahan-bahan alami, seperti kaldu ayam, kaldu sapi, udang, ikan, kerang, cumi, gurita, rumput laut, tomat, asparagus, jamur, keju parmessan, tauco, santan kelapa, terasi, kecap, kecap ikan, kecap asin, kecap inggris, dan lain-lain. Mengolah bahan-bahan alami tersebut dengan cara tertentu, seperti direbus lama (diambil kaldunya), dikeringkan, diasap, dan difermentasi dapat meningkatkan rasa umami yang ada di dalamnya. Sebagai contoh, glutamat alami dalam jamur shitake akan meningkat 15 kali lipat ketika dikeringkan.

Perkenalan Pertama Manusia dengan Rasa Umami
Sebenarnya, manusia pertama kali mengecap rasa umami di lidah melalui ASI (Air Susu Ibu). ASI mengandung glutamat dalam jumlah yang kurang lebih sama dengan kaldu. Glutamat yang terkandung dalam ASI juga jauh lebih banyak daripada glutamat yang terkandung dalam susu sapi. Sebagai perbandingan, glutamat yang terkandung dalam ASI 10 kali lebih banyak daripada glutamat yang ada dalam susu sapi. Selain glutamat, ASI juga mengandung nukleotida dan gula (laktosa). Hal ini sepertinya bisa menjelaskan mengapa bayi pada dasarnya lebih menyukai ASI dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Adakah Manfaat dari Makanan yang Umami?
Makanan yang umami bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2015 dalam sebuah jurnal “Flavour” mengungkapkan bahwa makanan umami dapat membantu pasien usia lanjut yang mengalami penurunan nafsu makan karena perawatan medis. Efek samping dari pengobatan yang mereka jalani adalah menurunnya produksi saliva sehingga menimbulkan gangguan pada ujung saraf perasa di lidah. Rasa gurih umami dapat mendorong sekresi saliva (produksi saliva), menggugah selera makan, dan membuat makanan terasa jauh lebih lezat.

Kami Juga Menyediakan Produk – Produk Unggulan dibawah ini

Kacangan Jenis CM Berat 1 kg

kacang kacangan penutup tanah (legume cover crops) dengan berbagai jenis ini merupakan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengikat nitrogen sehingga kadar kelembapan tanah akan tetap terjaga. Fungsi dan kestabilan kelembapan ini biasanya dibutuhkan pada masa pertumbuhan pohon karet dan pohon sawit atau sejenisnya dalam

Selengkapnya

Raja Latex Pluss – Solusi Meningkatkan Hasil Sadap Karet, Mati Getah, Kulit Keras Pada Batang Karet

Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Selengkapnya

Jual Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Dari segi imbal hasil, secara umum bisnis kebun sawit memberikan return yang jauh lebih besar dibandingkan dengan property rumah, kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA. Kami Menyediakan Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Selengkapnya

NPK HUMAGROW HUMID ACID : 6-30-6 PLUS SPesial Khusus Pupuk Karet Dan Sawit, dan Tanaman Lainnya

Kelebihan Pupuk NPK Humagrow yaitu : Memperbaiki Unsur Unsur tanah dan tanaman keras, yang bisa menghasilkan 2 kali lipat dari hasil sebelumnya 1. Memperbaiki dan meningkatkan dan membentuk pertumbuhan Akar yang kuat 2. Tanah lebih Remah dan lebih lama menahan air, sehingga 99 % pemupukan bisa diserap oleh tanaman, dan

Selengkapnya

Pupuk Organik Buah dan Sayuran Alphamien , Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik Hasil Panen Meningkat,

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik
Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak, Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah

Selengkapnya

Previous

Advertisements
Category: Penyakit Karet