Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Budidaya Tanaman Cabai (Capsicum annum L)

Cabai merah merupakan salah satu komoditas sayuran yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan dan dikonsumsi dalam bentuk segar. Penggunaan cabai merah dalam bentuk olahan masih terbatas sebagai saus sambal, tepung dan acar. Cabai merah dapat dibudidayakan baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Sebagai famiiia Solanaceae cabai merah umumnya lebih potensial untuk dikembangkan di daerah dataran rendah.

Tanaman cabai merah tidak memerlukan persyaratan hidup yang khusus sehingga dapat dibudidayakan diberbagai daerah, dan biasanya dilakukan oleh petani secara sederhana pada lahan sawah atau lahan kering dengan pemilikan yang terbatas. Pengembangan cabai merah dalam skala komersial’ atau agribisnis baru dilakukan secara terbatas oleh perusahaan-perusahaan swasta untuk memenuhi kebutuhan pasar khusus seperti pasar swalayan, hotel-hotel, restoran atau untuk industri.

Cabai merah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi (0-1300 m dpl), cabai merah membutuhkan keadaan udara yang kering, sedangkan cabai rawit dapat ditanam baik pada musim kemarau maupun musim hujan. Curah hujan optimal yang dibutuhkan oleh cabai merah adalah 100-200 mm/bulan. Tanah yang baik untuk penanaman cabai merah adalah tanah yang kaya humus, gembur, keasaman tanah 5-7. Sedangkan suhu yang baik untuk pertumbuhan cabai merah adalah 18-27°C.

Advertisements

TEKNOLOGI BUDIDAYA CABAI MERAH

1. Benih

Buah yang akan digunakan sebagai benih sebaiknya buah yang masak pohon, sehat dan sesuai dengan jenis yang diinginkan. Buah-buah terpilih langsung dijemur tanpa dikupas. Setelah cukup kering dikupas dan langsung ditanam atau disimpan untuk musim tanam berikutnya. Cara lain adalah dengan mengupas buah yang masih segar lalu bijinya dikeringkan. Setelah kering biji dapat langsung ditanam atau disimpan untuk penanaman selanjutnya. Beberapa syarat benih yang harus diperhatikan adalah:

Keperluan benih untuk satu hektar pertanaman tergantung pada jarak tanam yang digunakan. 

2. Penyiapan Lahan

Pengolahan tanah untuk budidaya cabai merah ditujukan untuk memperbaiki drainase dan aerasi tanah, meratakan permukaan tanah dan mengendalikan gulma. Pada lahan pekarangan tahapan pengolahan adalah lahan dicangkul sedalam 30 – 40 cm sampai gembur, kemudian dibuat bedengan dengan lebar 1-1,2 m, tinggi 30 cm dan jarak antar bedengan 30 cm. Setelah itu dibuat guludan dan lubang tanam dengan jarak tanam (50 – 60 cm) x (40 -50 cm), dengan demikian pada tiap bedengan akan terdapat 2 baris tanaman.

Apabila kondisi pH tanah kurang dari 5,5 maka perlu dilakukan pengapuran dengan kaptan/dolomit sebanyak 1,5 ton/ha atau 1,5 kg/10 m2 yang diberikan pada 3 – 4 minggu sebelum tanam, dan jika akan diberikan soil treatment atau pemberian nematisida harus dilakukan 3-4 minggu sebelum tanam.

3. Penanaman

Pada keadaan tanah yang bertekstur Mat, sistem penanaman dalam bedengan 2-4 baris tanaman tiap bedengan lebih efisien, sedangkan pada tanah bertekstur sedang – ringan lebih cocok menggunakan sistem penanaman dengan barisan tunggai. Cara ini biasanya dilakukan petani di dataran medium dan dataran tinggi. Pada saat penanaman, tanah harus lembab tapi tidak becek dengan tujuan agar bibit cabai tumbuh lebih cepat.

4. Pemupukan

Jumlah pupuk yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi lahan atau anjuran setempat. Dosis pupuk organik/pupuk kandang/kompos adalah sekitar 1500 kg/m2.

Seringkali benih yang telah ditanam tidak tumbuh 100% di lapangan. Untuk mempertahankan agar populasi tanaman optimal perlu dilakukan penyulaman. Penyulaman ini hendaknya dilakukan paling lambat 2 minggu setelah tanam. Penyulaman juga dilakukan terhadap pertanaman yang pertumbuhannya tidak bagus atau sakit.

Cabai merah termasuk tanaman yang tidak tahan kekeringan, tetapi juga tidak tahan terhadap genangan air. Air tanah dalam keadaan kapasitas lapang (lembab tapi tidak becek) sangat mendukung pertumbuhan. Masa kritis tanaman cabai merah adalah pada saat pertumbuhan vegetatif yang cepat, pembentukan bunga dan buah.

Periode kritis tanaman cabai karena adanya persaingan dengan gulma terjadi pada umur 30 – 60 hari setelah tanam. Gulma yang tumbuh selama periode tersebut dapat mengakibatkan menurunnya bobot kering tanaman. Penyiangan yang dilakukan pada umur 30 – 60 hari setelah tanam dapat meningkatkan hasil cabai merah.

Perompesan tunas-tunas di ketiak daun bertujuan agar pertumbuhan vegetatif tanaman dapat diatur. Sehingga suplai makanan dialirkan untuk membentuk pertumbuhan tanaman yang tegak dan kekar sampai tumbuh percabangan utama 10-12 hari setelah tanam (HST) untuk dataran rendah, 15 – 20 HST untuk dataran tinggi. Selain tunas-tunas di ketiak daun, bunga pertama yang tumbuh di percabangan utama juga dirompes. Perompesan bunga ini untuk menunda pembentukan bunga dan buah karena kondisi tanaman belum kuat. Daun-daun di bawah cabang utama sebaiknya dirompes pada saat tajuk tanaman telah optimal karena sudah tidak berfungsi sebagai penyedian makanan. Perompesan ini dilakukan pada saat tanaman minimal sudah berumur 75 – 80 HST untuk dataran rendah dan 90 – 100 HST untuk dataran tinggi tergantung varietas yang ditanam.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements