Agen Sorax Sadap Latex – Sorax Sachet – Agen Sorax - Jual Sorax Perangsang Getah Karet Harga Murah

Cara Pemupukan yang Baik untuk Karet

Karet merupakan salah satu tanaman pekebunan yang cukup bnyak dibudidayakan di Indonesia. Harga jual karet yang cukup tinggi menjadi salah satu alasan banyaknya petani-petani karet di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu produsen karet terbesar hingga mampu menembus pasar internasional. Dalam melakukan usaha budidaya karet, hal yang paling penting adalah produktivitasnya. Untuk meningktakan produktivitas, salah satu caranya adalah dengan melakukan pemupukan. Maka dari itu, seorang petani karet harus mengetahui cara pemupukan yang baik untuk karet agar produktivitasnya tinggi.

Cara Pemupukan Tanaman Karet

Cara pemupukan untuk karet bisa dilakukan dengan memerhatikan beberapa hal, di antaranya adalah dosis pemupukan, waktu pemupukan dan teknis pemuukan. Dosis pemupukan diengaruhi oleh umur karet. Pada saat mur karet 6 tahun hingga 15 tahu, maka dosis pupuk yang diiberikan per hektarnya adalah 260 gram pupuk SP, 350 gram pupuk urea dan 300 gram pupuk KCl. Pada saat karet berumur 16 tahun sampai 25 tahu, maka dosis pupuk per hektarnya adalah 200 gram urea dan 150 gram KCl tanpa pemberian pupuk SP lagi.

Advertisements

Selanjutnya adalah waktu pemupukan. Pemupukan yang dilakukan adalah dua kali dalam setahun. Waktu yang tepat untuk pemupukan adalah awal musim hujan dan akhir musim hujan. Hal terakhir yang harus dilakukan untuk melakukan pemupukan karet secara baik adalah teknis pemupukan. Dalam melakukan pemupukan, hal pertama yang harus dilakukan adalah pembersihan gulma atau tanaman pengganggu. Hal ini dilakukan agar antara karet dan gulma tidak saling berebut nutrisi puppuk sehingga pada akhirnya tanaman karet tersebut akan kekurangan nutrisi.

Setelah melakukan pembersihan, selanjutnya adalah membuatpuritan secara melingkar di sekitar tanaman karet. Barulah kemudian memasukkan pupuk ke dalam paritan tadi sesuai dengan dosisnya. Terakhir yaitu menutu kembali puritan yang telah diberi pupuk.

Seperti itulah cara pemupukan yang baik untuk karet, di mana hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan produktivitas yang tinggi. Dosis merupakan suatu hal terpenting dalam pemupukan karena dosis yang berlebhan bisa menyebabkan tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik. Maka dari itu, perhatikanlah segala sesuatu sebelum melakukan pemupukan karet. Semoga informasinya bermanfaat.

Advertisements
Category: Uncategorized